Manfaat Internet Bagi Dunia Bisnis

Internet sangat menguntungkan bagi pebisnis, karena dengan fasilitas internet ini penghasilan yang lebih besar bisa diperoleh dan lebih hemat dalam biaya pengeluaran rutin. Pengeluaran rutin yang bisa dipangkas, yaitu biaya tenaga kerja dan promosi.

Bisnis menggunakan fasilitas internet, yang marak dikenal dengan bisnis online meningkatkan visibilitas perusahaan karena aksesibilitas website. Bisnis ini bisa dilakukan baik perusahaan baru ataupun lama.

Banyak keuntungan yang didapat dari bisnis online, berikut pemaparannya:

Pertama, Usaha Kecil. Diantara manfaat internet untuk usaha kecil, yaitu internet menciptakan pasar yang kompetititf, dimana usaha kecil mempunyai peluang untuk tumbuh sejalan dengan perusahaan besar.

Kedua, Pemasaran dan Periklanan. Membuat website bisnis sangat bermanfaat, karena perusahaan atau pelaku usaha bisa meninggalkan cara-cara lama dan dapat memasarkan produk dan layanan mereka tanpa menggunakan teknik pemasaran tradisional, seperti penggunakan brosur, surat dan iklan konvensional. Pemasaran online dapat menghemat uang perusahaan yang sangat besar dibanding dengan pemasangan iklan tradisional.

Ketiga, Pelanggan yang Lebih Banyak. Manfaat utama dari internet untuk bisnis adalah potensi pertumbuhan pelanggan yang cepat dan banyak. Sebuah usaha kecil tanpa website hanya bisa bersaing dengan perusahaan lokal lainnya. Namun melalui internet, sebuah usaha kecil bisa memiliki potensi untuk mendapatkan pelanggan dari seluruh penjuru dunia karena aksesnya, bahkan dalam sehari (24jam) buka non stop.

Keempat, Memperluas Jaringan. Manfaat lain dari internet untuk bisnis, meliputi ketersediaan jaringan dengan pengusaha dan organisasi lainnya. Banyak pengusaha internet telah menciptakan organisasi dengan orang lain dalam bidang mereka, dimana mereka dapat berbicara tentang tantangan dan manfaat dari bisnis intenet. Hal ini mendorong interaksi dalam bisnis dan saling bertukar informasi, sehingga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, utamanya pebisnis baru.

Kelima, Menghemat Uang. Bisnis menggunakan internet untuk transaksi dapat menghemat pengeluaran, mengurangi pemakaian kertas dan perlengkapan kantor lainnya. Perusahaan dapat menggantu aktifitas surat-menyurat atau fax, cukup dengan email, perusahaan juga dapat menyimpan data-data di internet.

Keenam, Program Afiliasi. Bisnis internet yang berpartisipasi dalam program afiliasi mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasarkan produk dan jasa dari perusahaan lain di situs mereka. Banyak perusahaan yang secara teratur melakukan bisnis dengan program afiliasi ini, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan penghasilan.
 
Design by OmahBloggerIndonesia | Omah Blogger Indonesia Free Education and Training - Computer - Internet - Site | L30 Sweat Design, Magelang-Indonesia